• Sutrisno Muhamad Noor

Yuk, Perhatikan Hal-hal ini Sebelum Kamu Mengirim Barang

Pengiriman barang khususnya melalui ekspedisi pengiriman telah berkembang dari tahun ke tahun. Hal ini juga diperkuat dengan meningkatnya secara pesat pertumbuhan e-commerce di Indonesia yang turut menyumbang peningkatan jumlah paket yang dikirim melalui ekspedisi pengiriman atau jasa logistik. Selain e-commerce, online shop yang beredar di media sosial seperti Instagram atau Facebook juga turut serta dalam meningkatnya pengiriman barang.


Saat pengiriman barang melalui ekspedisi pengiriman, terdapat beberapa resiko yang perlu diketahui sebelum mengirim barang, salah satunya keterlambatan barang sampai di tujuan. Keterlambatan ini dapat dipengaruhi oleh beberapa hal yang tanpa disadari seringkali dilakukan oleh pengirim barang. Untuk itu, yuk perhatikan hal-hal berikut sebelum kamu mengirim barang.

Packing-an yang kurang rapi atau kurang membungkus

Kamu masih suka asal-asalan saat membungkus paketanmu? Mulai sekarang hilangkan kebiasaan itu, ya. Karena selain paketmu bisa saja rusak, kamu juga memperlambat kerja kurir pengiriman yang harus merapikan paketanmu kembali. Nah, untuk itu kamu bisa belajar cara packing yang baik dan benar dengan melihat video-video di Youtube atau belajar dari teman sekitarmu. Pastikan juga perekat yang kamu gunakan berfungsi dan dapat digunakan dengan baik, ya!


Alamat yang Kurang Lengkap

Nah, faktor alamat kurang lengkap ini paling sering dijumpai saat pengiriman barang. Alamat yang kurang lengkap akan membuat kurir kesulitan untuk menemukan alamat tujuan. Alhasil paket yang kamu kirim akan terlambat sampai, deh. Coba bayangkan kalau paket yang kamu kirim merupakan makanan yang hanya bertahan 1-2 hari? Sayang banget, kan?

Mulai sekarang selalu pastikan alamat yang tertera ditulis dengan lengkap ya mulai dari nomor rumah, kecamatan, kelurahan hingga kode pos.


Penerima Tidak Bisa Dihubungi

Kurir sudah sampai depan rumah, tapi pemilik rumah tidak di rumah. Dihubungi juga tidak bisa. Terpaksa deh kurir harus kembali dan menunda pengiriman paket. Kasus seperti ini juga seringkali dijumpai, nih. Untuk mengantisipasi hal tersebut, selalu pastikan penerima paket mu dapat dihubungi dalam rentan waktu paket yang kamu kirim. Selain itu, kamu juga bisa memberikan pesan kepada kurir saat mengirimkan barang seperti “Titipkan ke tetangga kalau tidak ada orang di rumah.” Atau “Lempar paket ke dalam apabila rumah kosong.”

Nah, mulai sekarang selalu perhatikan hal-hal di atas agar pengiriman barangmu selalu sampai tepat waktu tanpa ada kendala. Apalagi dengan menggunakan aplikasi Help, pengiriman barang akan semakin mudah dan efisien. Kamu hanya perlu memasukkan data pengirim dan penerima melalui aplikasi Help tanpa harus pergi ke ekspedisi pengiriman barang dan barangmu akan langsung diangkut oleh kurir Gosend ke Alfamart terdekat. Dari Alfamart terdekat barang mu akan diantar ke tempat tujuan melalui Alfatrex. Mudah sekali, kan?




42 tampilan

Hubungi Kami

+62 817 911 8586

Ikuti Kami

  • Instagram
  • YouTube
  • Facebook

Kirim Umpan Balik

app_store_badge.png
google-play-badge (1).png

Copyright 2020 © Help