top of page

Tips Hemat Berpuasa di Indonesia Supaya Pengeluaran Ga Boncos!


(Sumber: Unsplash)


Ramadhan merupakan bulan yang istimewa bagi umat Muslim di Indonesia. Bulan ini menjadi bulan yang tepat untuk meningkatkan kualitas spiritual dan kedekatan dengan keluarga dan teman, selain menjadi bulan suci untuk beribadah. Akan tetapi, bagi sebagian orang, bulan Ramadan juga menjadi bulan yang membuat mereka harus mengeluarkan lebih banyak uang, terutama saat menyiapkan hidangan sahur dan berbuka puasa.


Oleh karena itu, sebagai aplikasi banyak fungsi, Satya ingin kasih beberapa tips berpuasa di Indonesia yang dapat membantu Sahabat Wehelpyou menghemat pengeluaran selama bulan Ramadhan.



1. Buatlah Rencana Belanja yang Tepat

Sebelum membeli makanan untuk sahur dan mengakhiri puasa, buatlah rencana belanja yang tepat dan efisien. Buatlah daftar belanjaan yang terperinci sehingga kamu hanya membeli makanan yang kamu butuhkan. Hindari membeli makanan mahal atau mewah dan lebih memilih makanan yang lebih murah dan bergizi.


2. Cari Harga yang Lebih Murah

Selain membuat perencanaan belanja yang tepat, mencari harga yang lebih murah juga membantu menghemat pengeluaran selama bulan Ramadhan. Usahakan untuk membeli makanan dari pasar tradisional atau pedagang kaki lima yang seringkali menawarkan harga lebih murah dari pasar modern. Kamu juga bisa memanfaatkan penawaran atau diskon di supermarket atau toko online yang biasanya diberikan menjelang bulan Ramadhan.


3. Memasak Sendiri di Rumah

Memasak di rumah juga bisa menghemat uang selama Ramadan. Selain masakan sehat dan bergizi, kamu juga bisa berhemat di rumah karena bisa memilih bahan yang lebih murah dan sesuai dengan kebutuhan keluarga.


4. Kurangi Pemborosan Air dan Energi Listrik

Pengurangan konsumsi air dan listrik juga bisa menghemat biaya selama Ramadhan. Matikan lampu dan barang elektronik yang tidak digunakan, menggunakan air yang banyak saat mandi atau mencuci pakaian. Ini membantu menghemat tagihan listrik dan air di rumah.


5. Bergabung dengan Kelompok Berbagi Makanan

Jika memungkinkan, bergabunglah dengan kelompok berbagi makanan dengan tetangga atau teman. Kamu dapat berbagi biaya dengan orang lain dan mendapatkan makanan yang sehat dan bergizi. Selain itu, dengan bergabung dalam kelompok berbagi makanan, Kamu juga dapat mempererat ikatan sosial dengan sesama dan membantu sesama yang membutuhkan.


Tips hemat berpuasa-nya segitu dulu, ya! Kalau mau tambah hemat, coba gunakan Shopee Paylater di Wehelpyou. Pesan jajanan sambil ngabuburit, kenyangnyanya sekarang bayarnya nanti belakangan~






20 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page